Study Tour Ke Lubang buaya

Lubang Buaya

Lubang Buaya

Apa Itu Lubang Buaya ?

Lubang Buaya adalah sebuah tempat di kawasan Pondok Gede, Jakarta yang menjadi tempat pembuangan para korban gerakan 30 september pada 30 september 1965. Secara spesifik, sumur Lubang Buaya terletak di kelurahan Lubang buaya dan di kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Lubang Buaya tempat terjadinya G30S saat itu merupakan pusat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia ( PKI ). Saat ini di tempat tersebut berdiri lapangan peringatan Lubang Buaya yang berisi monumen Pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.

Nama Lubang Buaya sendiri berasal dari sebuah legenda yang menyatakan bahwa ada buaya-buaya putih di sungai yang terletak di dekat kawasan itu. Selain itu juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh pahlawan revolusi disiksa dan dibunuh, dan terdapat juga mobil yang digunakan untuk mengangkut orang-orang.

Lubang Buaya

Pengalaman Study Tour

Waktu SD saya pernah Study Tour bersama sekolah saya SD Madinatunnajah bina menambah wawasan, dan pengetahuan. Ketika saya di Lubang buaya saya melihat sumur yang lumayan dalam ukuran nya.

Sumur itu adalah sumur Lubang Buaya, Saya melihat isi dalamnya namun tidak begitu nampak jelas. setelah saya melihat isi sumur Lubang Buaya saya melanjutkan melihat patung-patung yang di setel rekaman, yang menceritakan tentang kejadian waktu terjadi tragedi Lubang Buaya.

Terus setelah saya melihat patung-patung itu saya masuk kedalam museum galeri, di situ terdapat gambaran yang menceritakan detail tragedi lubang buaya.

Lubang Buaya

G30S PKI

Gerakan 30 september ( dahulu juga disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI), Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam tanggal 30 september sampai di awal 1 oktober 1965 di saat tujuh perwira tinggi militer indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha percobaan Kudeta.

Lubang Buaya

Latar Belakang

Partai Komunis Indonesia (PKI) merupakan partai komunis yang terbesar di seluruh dunia, di luar Tiongkok dan Uni Soviet. Sampai pada tahun 1965 anggotanya berjumlah sekitar 3,5 juta, ditambah 3 juta dari pergerakan pemuda nya. PKI juga mengontrol pergerakan serikat buruh yang mempunyai 3,5 juta anggota.

Mereka juga mengontrol pergerakan petani Barisan Tani Indonesia yang mempunyai 9 juta anggota. Termasuk pergerakan wanita (Gerwani), organisasi penulis, artis, dan pergerakan sarjananya, PKI mempunyai lebih dari 20 juta anggota dan pendukung.

Pada bulan juli 1959 parlemen dibubarkan dan sukarno menetapkan kenstitusi di bawah dekrit presiden – sekali lagi dengan dukungan penuh dari PKI. Ia memperkuat tangan angkatan bersenjata dengan mengangkat para jenderal militer ke posisi-posisi yang penting.

Sukarno menjalankan sistem “Demokrasi Terpimpin”. PKI menyambut “Demokrasi Terpimpin” Sukarno dengan hangat. Anggapan bahwa dia mempunyai mandat untuk persekutuan konsepsi yaitu antara Nasionalis, Agama dan Komunis yang dinamakan NASAKOM.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s